Kamis, 21 Juli 2011

Tugu di Cianjur

Sering kali kita sebagai warga masyarakat Cianjur melihat tugu-tugu yang ada di jalan. Akan tetapi jarang timbul pertanyaan kenapa tugu ini dibangun?... mungkin sebagian sudah mengetahui. Tapi yang belum, kita kenali beberapa tugu di Cianjur ini......

1. Tugu Kitri (Lebih dikenal tugu pramuka)


Tugu ini yang berlokasi di Jalan Pramuka (Jalan RAA Kusumaningrat-red), Desa Sukamulya, Kecamatan Karangtengah. Tugu ini dibuat untuk menjadi simbol Kabupaten Cianjur sebagai Kabupaten Pramuka Pertama di Jawa Barat, bahkan di Indonesia.
2. Tugu Cianjur Bersemi


Tugu ini didirikan karena keberhasilan kabupaten Cianjur merebut Adipura secara berturut-turut dibawah pimpinan Drs. H. Eddie Soekardi sebagai bupatinya. Tugu yang bertuliskan Cianjur Bersemi (singkatan dari Cianjur Bersih, Sehat, Indah, dan memikat). Tugu ini bisa kita lihat depan Terminal Rawa Bango, Cianjur.
3. Tugu Gerbang Marhamah 




Tugu ini didirikan untuk menjadi simbol Kabupaten Cianjur sebagai kabupaten santri yang berakhlak baik. Lihat saja nama Tugu ini "Tugu Gerbang Marhamah" (Tugu GERakan pemBANGunan MAsyarakat beRakHlakur kAriMAH). Tugu ini berada di Jln. Abdulloh Bin Nuh (Sampingnya itu Hypermart, biasa kalo mo ke Puncak)
4. Tugu Lampu Sorot






Tugu ini adanya di jalan Siliwangi (depannya Masjid Cianjur deket alun-alun). Namanya juga tugu lampu sorot, berarti buat nyorot alias untuk penerangan (kurang referensi nich). Yang pasti dibawah tugu ini tembok fondasinya ditulis arah kota tujuan (barangkali mo ke bandung, sukabumi,bogor).
5. Tugu Kacapi Suling



Tugu yang berada di Jln. Raya Bandung ini merupakan batas kota Cianjur. Bentuk tugu ini sebagai simbol bahwa kabupaten Cianjur memiliki banyak kesenian diantaranya seni musik seperti contohnya kecapi dan suling (Masih inget,ga musik karawitan buat ngawih?). Contoh musisi karawitan dari cianjur nich..."Aki Dadan" merupakan salah seorang putra "Mang Endu" (Endu Sulaeman Apandi), Seniman Cianjuran. Sebagaimana silsilah para leluhur, Mang endu pernah menjadi murid "R. Ece Madjid". Tokoh Cianjuran jaman dahulu kala yang sangat dekat dengan Dalem R.A.A Wiranatakusumah. (Bahkan sempatdiboyongke Bandung serta dinikahkan dengan R. Siti Munigar)

Mungkin sebatas hal ini informasi yang diberikan sebagai bahan sekedar untuk tahu atau mungkin jadi pembelajaran. Harapannya adalah semoga warga masyarakat cianjur, khususnya warga disekitar tugu-tugu tersebut, terlebih lagi pemerintahan daerah cianjur bisa menjaga keindahan tugu-tugu tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar